di Kala LiNux dan WinDOwS, jadian denGan mAkcomblang Samba Server

Karena rasa penasaran saya, dan saking cintanya dengan LiNux. bertahun-tahun dan ber hari-hari, aku mengoprek-oprek Linux. tapi semua Kudapat dengan pelan. Dengan bermodalkan Komputer Tua, maka aku dengan berani mencoba-coba beberapa Distro Linux. mulai Ubuntu, edubunutu, kubuntu, mandriva, fedora, semua pernah kucoba. sampai suatu ketika saya benar-benar jatuh hati pada salah satu distro yaitu mandriva.

Dengan bermodalkan Distro mandriva yang sudah berhasil aku intal di Komputer Ku. saya berhari-hari mengobok - obok sistem operasi tersebut. Sampai suatu ketika saya berpikir bisakah kita koneksikan antara linux dan windows. artinya kita bisa bertukaran data antar komputer tapi dalam sistem operasi yang berbeda yaitu linux dan Windows. Pertanyaan itu sering kali saya lontarkan Kepada temant-temant seperjuangan di campus, dan juga temant-temant di Milis2 yang aku ikuti. ternyata semua menjawab bisa. dengan Semangat yang membara akhirnya saya bertanya kesana-kesini. sampai suatu saat saya mendapat sebuah titik terang. yaitu : koneksi Windows dan linux dapat terjadi Jika di Linux Sudah Terinstal samBa Server. karena saya masih NewbiE (bodoh) di Dunia TI saya MEncoba mencari tau mengenai apa Itu Samba server.

Dengan Bermodalkan semangat, saya akhirnya mendapat beberapa informasi mengenai samba server. Sampai akhirnya saya mendapat artikel dari internet yang berkaitan dengan samba server. Dan Akhirnya saya bisa Mengkoneksi kan Linux dan Windows dengan bantuan samba server.

Ceritanya bergini :

Dalam jaringan syarat untuk berkoneksi kita harus berada dalam worggroup Yang Sama. Artinya WorkGroup Di Linux dan Windows haruslah sama. kalo di LinuX worKGroup Komputer kita MSHOME maka di Windows JUga MSHOME. Bagai mana mengeset WorkGrOup Di WIndowS. anda Bisa cari di Internet sudah banyak banget yang mengupas Hal ini. kalau tidak ya di artikel lain Insya Allah akan saya kupAs Mengenai Pengaturan WorkGroup Di windows. sekarang Kita Anggap aja Di Windows Sudah Berada dalam WorKGroup MshOme.

setelah Windows Sudah Diset Dalam workGroup MShoMe. Maka Kita Tinggal MEngatur WorgGrup Yang ada Si Samba Server. caranya seperti di bawah ini :

1. masuk ke terminal console di linux yang berada di direktori : pico /etc/samba/smb.conf

2. setelah itu buka file smb.conf

3. setelah file terbuka cari kata Workgroups

4. kemudian ubah dengan WorkGroup=MSHOME

5. simpan file.

setelah WorKgroUp Linux dan Windows sudah sama, maka langkah selanjutnya yaitu mengatur IP dan juga SubMasnet. disini dalam pengaturan IP haruslah beda. MIsalkan di komuter Windows IP=192.168.1.1 maka di Linux haru beda yaitu IP=192.168.1.2. sedangkan submasnet nya harus sama misalkan kita isikan dengan 255.255.255.0.

KEmudian setelah IP dan subMasnet Diisikan langkah selanjutnya kita mengetes koneksi apakah sudah berhasil atau belom. langkahnya begini. diLInux buka browser konqueror lalu ketikkan smb:\\192.168.1.1 jika koneksi berhasil maka anda akan mendapatkan file di komputer windows yang di share, dapat terbaca di komputer linux. atau kalau tidak buka kita mengetes dari windows yaitu dengan membuka windows explorer, lalu cari folder mynetwork Place, jika di situ ada folder samba server maka koneksi sudah berhasil.

begitulah kurang lebih artikel mengenai koneksi linux dan windows melalu samba server. bagi yang masih belum mudeng bisa hubungi saya. atau kalau enggak teman-teman bisa cari artikel penunjang yaitu di http:\\ikc. di siti cari tutorial samba.

Yups… hanya itu yang aku bisa sampaikan. sampai jumpa di lain artikel lagi. mohon maaf bila artikel kurang lengkap, dan terlalu sulit untuk dipelajari.

0 komentar:

Copyright © 2008 - << * >> - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template