sedikit bagi ilmu mengenai virus dan kawan2

Akhir2 ini banyak sekali bermunculan sebuah program-program yang sangat mengganggu komputer. Bahkan sampai sekarang mungkin terdapat ratusan bahkan ribuan program2 jahat yang bertebaran internet. Program-program jahat itu biasanya berupa virus, worm, trojan, dan spam.
Oleh karena itu, supaya kita bisa meminimalisir agar tidak terjangkit program berbahaya tersebut alangkah baiknya kita harus mengidentifikasi atau mengenali yang namanya virus, worm, trojan dan spam.

Apa yang di maksud virus, worm, trojan, dan spam itu?

Virus, adalah kumpupulan dari kode2 jahat yang mampu bekerja mereproduksi diri sendiri. Virus juga menyerang target file yang ada di komputer. Dan apabila target tersebut dapat di infeksi oleh virus maka file yang terinfeksi tadi bila di jalankan maka akan mengaktifkan virus tersebut. Virus sangat berbahaya bagi komputer, karena dia akan membebani sistem di komputer yang sedang bekerja, disamping itu dia juaga akan menghapus file informasi yang mendekap di hardik dan bisa memungkinkan untuk merusak hardisk. Virus dalam perkembangannya akan semakin canggih dan diprediksi akan sangat membahayakan komputer.

Worm, adalah kumpulan kode program yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri. Worm hanya mampu mengopikan diri ke dalam memori komputer. Hal itukah yang membedakan antara worm dan virus. Worm hanya bekerja untuk membebani sistem komputer sehingga komputer akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Trojan, adalah kumpulan kode program yang diproduksi dengan tujuan jahat. Trojan tidak mempunyai kemampuan untuk memproduksi diri sendiri. Biasanya, Troja hanya menuggangi program atau utility uang di install di computer. Traojan ini bekerja hanya untuk memata-matai komputer.

Spam adalah aktivitas yang dilakukan seseorang dengan mengirimkan surat elektronik (email) yang tidak ada gunanya. Misalkan suatu iklan yang dikirimkan seseorang di newsgroup.

Itulah sedikit pengertian antara virus, worm, trojan dan spam. Semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Copyright © 2008 - << * >> - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template